Friday, February 1, 2019

Hong Kong For First Timer (part 2)

Untuk Bagian Pertama Klik Disini

YANG WAJIB DIKUNJUNGI UNTUK FIRST TIMER

Saya akan membagi tempat wisata yang wajib dikunjungi ini menjadi 2 bagian, yaitu berbayar dan Gratis.
                 BERBAYAR
  • Disneyland
Disneyland menurut saya adalah sesuatu yang wajib dikunjungi jika pertama kali ke Hong Kong, karena Disneyland ini adalah yang terdekat dari Indonesia.

Saran saya belilah tiket yang sudah termasuk makan dan snack di salah satu website travel terkenal karena jauh lebih murah dibandingkan beli langsung.

Disneyland Hong Kong
Yang keren disini adalah kalian wajib menunggu untuk karnaval atau kembang api (event tertentu) saat waktu tutup. Hebatnya lagi ada guide map dalam Bahasa Indonesia disini.
  • Ocean Park
Salah satu theme park yang ada di Hong Kong juga, highlight disini adalah Panda yang bisa kalian lihat dari dekat.
  • Ngong Ping 360
Salah satu atraksi yang wajib untuk dikunjungi. Kalian akan disuguhkan pemandangan keren saat naik kereta gantung selama 25 menit. Jika ada budget lebih, pilihlah kereta dengan lantai kaca untuk pengalaman yang lebih seru.






  • Victoria Peak
Kawasan perbukitan di Hong Kong Island. Untuk naik kesini bisa dengan beberapa cara, yang paling unik adalah tram yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Sesampainya diatas kalian akan mendapatkan pemandangan yang Juara, perbukitan hijau, gedung – gedung bertingkat dan selat Victoria dengan berbagai macam kapal berlalu lalang, akan menjadi satu bingkai yang sangat memanjakan mata.




                GRATIS

Selain wisata berbayar, cukup banyak juga kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Hong Kong 

·      Victoria harbor

Symphoni of light show diadakan setiap hari, jadwalnya sekitar jam 8 malam. Datanglah saat sore hari sebelum sunset untuk foto – foto dan mencari tempat duduk. Karena saat malam tempat ini akan semakin ramai oleh turis ataupun warga local.



·       Daerah Central Hong Kong Island

Ada beberapa atraksi di daerah Central ini, pertama adalah Hollywood Street, disini merupakan tempat kekinian untuk berfoto di Hong Kong karena dinding sepanjang jalan ini terdapat mural kekinian yang dilukis oleh seniman Hong Kong.



Ada lagi escalator outdoor terpanjang di dunia yang bisa dicoba gratis, escalator ini merupakan fasilitas yang disediakan pemerintah Hong Kong untuk warganya yang tinggal di daerah berbukit di daerah Central.

Ada banyak kuil-kuil eksotis yang bisa dikunjungi di Hong Kong, salah satunya adalah Man Mo Temple. Untuk masuk kuil ini gratis, tetapi jaga sikap ya, jangan sampai mengganggu karena dasarnya kuil adalah tempat ibadah.


·      Victoria Park

Kalau sudah lelah berjalan kaki di Hong Kong, kalian bisa beristirahat sejanak sambil menghiup udara segar dan nongkrong bareng TKI, karena disini adalah tempat berkumpulnya komunitas – komunitas warga Indonesia yang bekerja di Hong Kong, kalian akan mendengan Bahasa yang familiar disini.

Selain duduk – duduk, kalau kangen bakwan dan makanan Indonesia lainnya, kalian bisa membelinya dari TKI yang berjualan disini. Tetapi Victoria Park ini hanya ramai dengan TKI saat weekend atau hari libur di tanggal merah saja, jadi atur jadwal sebaik mungkin.

·       Mencoba Naik macam – macam transportasi di HK

Kalau mau pengalaman yang unik dan irit ongkos, cobalah berbagai macam transportasi umum yang sudah disebutkan di atas. Karena selain murah, kalian akan merasakan pengalaman seperti warga local Hong Kong.

MAKANAN

Untuk muslim, makanan halal cukup mudah ditemukan. Berikut adalah beberapa tempat yang cukup populer untuk menyantap kuliner khas Hong kong yang Halal.
  • Islamic Center Canteen
Tidak lengkap kalau berwisata ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya. Sayangnya hampir semua makanan khas di Hong Kong tidak halal. Nah, bagi muslim kalian wajib datang kesini.


Makanan khas Hong Kong halal ada disini. Makanan khas Hong Kong adalah Chinese Cantonese, di sini semua dimasak otentik oleh chef yang keturunan Hong Kong asli. Semua makanan disini dipastikan Halal.

Kalau kesini kalian juga wajib mencoba dim sum yang enak – enak semua, dim sum hanya disajikan pagi sampai siang hari, dan kalau weekend sebelum jam 1 sudah habis.

Jam buka kantin ini juga dibatasi, siang jam 10 sampai jam 3, lalu tutup dan buka kembali jam 6 sampai 9 malam.

  • Ebeners Pizza & Kebab
Kedai makanan yang menjual kebab dan pizza halal ini tersebar hampir di seluruh Hong Kong.
  • Wai Kee
Kedai halal ini menjual nasi bebek panggang khas Hong Kong. Selain bebek ada juga ayam dan berbagai macam kari.

Kedai ini buka mulai pukul 11 sampai 6 sore. Kedai ini ada di cooked food center lantai 1 Bowrington Road Market, Wanchai.
  • Stal halal khusus
Disneyland dan Ocean Park juga menyediakan makanan Halal di stal khusus. Silahkan lihat brosur saat berkunjung kesana untuk mengetahui lokasi dari stal khusus halal tersebut.

Halal Baked Turkey Leg at Disneyland
TIPS BERBELANJA
  • Ladies Market
Salah satu dari tujuan tempat belanja di Hong Kong Adalah Ladies Market. Sebenarnya pasar ini adalah jalan yang ditutup untuk pasar kaki lima. MTR Terdekat dari ladies market adalah stasiun Mong Kok.

Untuk tips berbelanja disini pertama adalah JANGAN menawar barang yang tidak kita ingin beli, karena kalau kita menawar itu artinya kita akan membeli. Jika kita hanya coba-coba lebih baik jangan bertanya ke penjualnya, nanti mereka bisa marah. Kalau kita tidak benar-benar tertarik akan barang tersebut, jangan ditawar.
Ladies Market
Tips kedua adalah tawar barang maksimal 1/3 dari harga yang ditawarkan penjual. Ini berlaku untuk barang yang belum ada harga resminya, jika sudah ada harga resminya si penjual tidak akan menggubris.

Tips Terakhir adalah, jangan bertanya ke teman untuk barang yang sudah dibeli. jaga-jaga untuk tidak sakit hati kalau teman dapat harga yang lebih murah untuk barang yang sama.
  • Toko Sepatu Branded
Di Hong Kong Toko-toko bermerek bukan berada di Mall, walaupun ada juga di mall-mall besar. Toko sepatu bermerek kalian akan banyak temukan seperti ruko di pinggir jalan.

Tapi jangan khawatir, karena sepatu-sepatu tersebut dijamin asli. Model -model dan seri sepatu yang baru keluar di negara aslinya akan kalian temukan juga disini. 

Tapi untuk harga akan tidak jauh beda dengan Indonesia, paling hanya selisih lebih murah 100-200 ribu.

Saat saya ke Hong Kong pertama kali. guide saya menjelaskan kalau turis melaporkan barang palsu ke polisi maka akan diganti biayanya 7x lipat dari harga yang dibayar. Dan si penjual akan dihukum tidak boleh berjualan selamanya, selain dihukum penjara tentunya.
  • Sasa
Bukan, ini bukan merk penyedap rasa, tapi adalah brand supermarket untuk kosmetik. Tokonya ada di seantero Hong Kong. Biasanya para wanita akan khilaf kalau belanja disini.

Kosmetik Ala korea akan kalian temukan dengan lengkap disini. Harganya miring abis. Untuk 1 buah aloe vera nature republik dijual hanya sekitar 17 HKD (harga saat january 2018). Kalau dirupiahkan hanya sekitar 32 ribu rupiah, bandingkan dengan harga di Kota Kasablanka yang mencapai 120 ribu.

Tapi Jangan kuatir, karena barang-barang disini asli dan original. Kok bisa murah??, karena Hong Kong tidak menerapkan pajak impor dan macam macam pajak seperti VAT. Jadi harga barang impor akan sangat murah disini.
  • Citygate Outlets
Masih kurang belanja selama di Hong Kong??, mungkin kalian bisa kesini. Citygate Outlets adalah mall yang terletak di Lantau Island, dekat dengan Hong Kong International Airport.

Disini kalian bisa mendapatkan barang-barang branded seperti adidas dan nike dengan diskon sampai dengan 70% , tapi barangnya adalah model-model yang sudah lama, minimal 1 model sebelum seri terbarunya keluar. 

Walaupun begitu barang-barang disini adalah barang baru, bukan second.
----- || -----

Demikian sedikit tips dari saya, semoga membantu untuk jalan-jalannya.

No comments:

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis