Skip to main content

Birthday winter trip : Hong Kong - Macau (Episode 1 - Traveldrama)

Macao Airport
Kami sekeluarga pengen banget ngerasain liburan musim dingin ngeliat salju. Tetapi tempat liburan akhirnya ditentukan juga sama tiket promo Air Asia budged.

Tahun ini kami memilih ke Hong Kong dan Macau, alesannya karena pengen ngerasain musim dingin di tempat yang gak terlalu dingin, terus lagi-lagi Air asia ada promo rute baru ke Macao direct flight dari Jakarta dan kami sekeluarga belum pernah kesana. Tiket seperti biasa dibeli 9 bulan sebelum berangkat.

Etapi ada kejutan muncul, saya menang jalan-jalan gratis ke Hong Kong dari detik travel - ceritanya disini- . sekalian survey dan cek ombak.

Tetapi namanya rute baru, kejutan super duper lucu muncul sebelum kami sekeluarga berangkat. Air Asia Indonesia menghapus rute langsung Jakarta - Macao, mungkin karena high cost dan kurang laku, sehingga kami harus re-schedule dan berangkat dengan transit melalui Kuala Lumpur.

Re-schedule ini mengacaukan itinerary sehingga waktu cuti saya harus ditambah, dan naik pesawat tengah malam ke Kuala Lumpur. Budged-pun harus bertambah karena saya memutuskan menginap 1 hari di Kuala Lumpur.

Untuk re-schedule saya harus sabar-sabar. pertama saya mengirim email dan twit, tapi sampai 2 minggu sebelum berangkat belum ada kabar. saya lalu mengirim twit lagi dan setelah agak lama baru dibalas dan di telpon oleh pihak AA malaysia, karena saya dari Jakarta saya diarahkan untuk menelpon nomer telpon AA Indonesia.

Saya menelpon nomer call center AA Indonesia, dan entah keberapa ribu kali(lebay) saya menjelaskan masalah re-schedule saya. Untungnya pihak AA Indonesia sangat responsive saat saya menelpon, saya diberi jadwal re-schedule yang baru sesuai permintaan, dan jadwal terbang baru langsung dikirim saat itu juga. Saya agak tenang setelah jadwal baru diterima dannnn, ternyata jadwalnya Salah. Saya dikirimkan jadwal berangkat tahun 2017.

Bu istrilah yang menyadari kalau jadwalnya berbeda tahun, dan sadarnya jam 1 malam. paginya saya menelpon kembali ke AA Indonesia, lalu berulang menjelaskan kembali masalah re-schedule ini, pfffttt. Saya dijanjikan akan ditelpon sorenya untuk re-schedule, karena atasan yg menangani masalah ini sedang rapat.

Siang berganti sore, tetapi belum ada telpon, karena kesibukan saya memutuskan untuk menelpon nanti saat sudah dirumah. Malam hari saat menunggu ojek online saya akhirnya di telpon, dan lagi-lagi saya menjelaskan panjang lebar mengenai re-schedule ini, hufffttt. Karena yang menelpon langsung orang yang mempunyai otoritas, jadwal terbang saya langsung diubah dan dikirim email saat itu juga. Saya langsung cek email dan semua perintilan tanggal, Alhamdulillah akhirnya semuanya benar.

Sebelum re-schedule, penerbangan langsung Jakarta - Macao seharusnya berangkat jam 2.30 pagi dan sampai jam 7.30 waktu Macao. Tetapi karena re-schedule saya harus mengambil penerbangan 00.30 malam ke Kuala Lumpur dan transit sekitar 2 jam sebelum penerbangan KL - Macao jam 5.30 pagi. Seharusnya sudah sampai di Macao pagi hari tetapi jadi molor ke siang hari.

Re-schedule ini juga mengacaukan waktu tidur zaza. Selama penerbangan ke KL zaza bangun, sehingga sangat rewel dan tantrum karena mengantuk tapi tidak bisa tidur, selama transitpun zaza tidak tidur karena suasana bandara yang cukup ramai di pagi hari. Jika zaza tidak tidur, kebayangkan saya dan bu istri yang juga capek dan mengantuk karena juga harus begadang.

Penerbangan KL - Macao ditempuh dalam waktu 3 jam 50 menit, Alhamdulillah zaza tidur setelah 1 jam mengudara sehingga saya dan bu istri bisa tidur juga.

Zaza tidur
Tepat jam 10 lewat kami sampai di Macao International Airport. tetapi perjalanan belum selesai, kami masih harus melanjutkan ke Hong Kong dengan naik Kapal Laut. Ini adalah pertama kalinya zaza naik kapal.

Sesampainya di Macao kami duduk-duduk dulu di bandara sekaligus sarapan makanan yang kami beli di pesawat. Suhu udara saat itu sekitar 16 derajat celcius, saya sangat senang karena pertama kalinya merasakan winter trip dan berjalan-jalan keluar sekitar bandara(kok norak ya,hahaha).

Nasi Lemak Air Asia

Oh iya, perjalanan kali ini juga merupakan hadiah dari saya untuk bu istri yang akan berulang tahun.

Ceritanya akan berlanjut di episode 2 ya... stay tune

Macao Airport

Comments

Popular posts from this blog

Tips Ngegembel : Tidur di Bandara part 2 (KLIA 2, DON MUEANG, HANEDA)