Monday, July 10, 2017

Pensiun Backpacker : Episode 2 - 23 hal yang bisa dilihat di Brunei



Ngapain lo ke Brunei??,

Emang di Brunei ada apa??.

Pertanyaan di atas adalah dua dari beberapa pertanyaan yang muncul dari temen-temen saat saya mengumumkan akan pergi ke Brunei Darussalam, sebuah Negara kecil di ujung atas pulau Kalimantan.

Memang informasi mengenai Brunei sangat jarang, dan wisatanyapun tidak se-booming Singapura. Mungkin karena akses ke Negara ini terbatas dan mahal, mungkin juga karena Brunei tidak butuh wisatawan untuk hidup. Seperti yang kita ketahui bahwa Singapura tidak mempunyai kekayaan alam, sehingga membutuhkan devisa dari wisatawan sebagai salah satu pemasukan negaranya, sedangkan Brunei kaya raya dengan minyak dan gas.

Secara umum, 2 hari 1 malam cukup untuk menjelajah brunei (kalau di kotanya saja), jika ingin santai 3 hari 2 malam sangat nyaman untuk menjelajah brunei.

Langsung saja, saya akan menuliskan hal apa saja yang bisa dilakukan saat berwisata di Brunei ini.

1. Makan KFC

Lah, kalau KFC ngapain jauh-jauh ke Brunei, di Jakarta banyak. Eits tunggu dulu, tiap Negara mempunyai keunikannya masing-masing, KFC brunei mempunyai menu yang tidak ada di Indonesia, dari ayamnya terasa sama, sama enaknya, karena KFC mempunyai standar yang sama mengenai ayam gorengnya.

Paket Nasi ayam, ada Gravy sebagai cocolan
 Jadi uniknya dimana??, di KFC brunei kalian akan mendapat nasi Hainan, juga akan disediakan Gravy (kaldu) sebagai cocolan menikmati ayam. Uniknya lagi, kalian akan disediakan sendok dan garpu. 

Tetapi untuk sausnya, gak ada yang bisa mengalahkan saus dari Indonesia, jadi jangan lupa bawa saus sachet.

Saat saya ke brunei, ada menu dessert yang enak. Yaitu es krim Salted Caramelicious vanilla. Rasanya??, manis eskrim vanilla ditambah dengan manis pahit caramel dan sedikit gurih dari garam. Enakkk !!!

Salted Caramel Vanilla Ice Cream

Salted Caramel Vanilla Ice Cream

2. Naik Perahu


Ini si di Ancol juga banyak. Sekali lagi, Eits tunggu dulu, dengan biaya sekitar 15-20 BND per 2 jam kalian akan disuguhi tur yang tidak biasa, kalian akan disuguhi wild life tour

Kalian bisa melihat....

3. Istana Sultan

Kalian akan dibawa ke sungai di belakang istana sultan Brunei, Istananya sendiri sangat luas dan terlihat sepi. 

Istana Sultan

Dermaga Istana
Selanjutnya kalian akan melihat....

4. sungai khas pedalaman Kalimantan




Kalian akan dibawa lebih jauh ke arah pedalaman yang sangat khas seperti pedalaman sungai di Kalimantan, kalian akan melihat …

5. Bekantan

Hewan endemic Kalimantan ini bisa kalian lihat di dufan, patungnya. 

Kalau mau melihat hewan aslinya kalian harus jauh-jauh menembus hutan di pedalaman Kalimantan dengan kapal kecil. nah di brunei bisa kalian lihat dengan naik perahu dari tengah kota.

Bekantan
Jika kalian beruntung, kalian akan melihat segerombolan Bekantan yang akan bersiap untuk tidur di atas pohon seperti yang saya lihat.



Selain bekantan kalian juga akan melihat...

6. Bangau


Bangau liar yang sedang mencari makan di pinggir hutan. Jika beruntung kalian juga akan melihat....

7. Buaya

Bukan, bukan playboy yang sedang berenang, Pak cik nahkoda perahu bercerita masih sangat banyak buaya di sungai Brunei ini, saat itu saya melihat buaya tersebut tetapi tidak sempat mengambil gambar karena si buaya malu dan langsung menuju ke bawah air.

Selain hewan-hewan liar kalian juga akan melihat ….(jika beruntung)

8. Pelangi

Bukan Cuma 1, tapi 2. how lucky i'm

Bukan di matamu, tapi di langit senja Brunei.

9. Kampung Ayer

Setelah wildlife tour kalian akan dibawa ke Kampung Ayer. perkampungan warga asli Brunei, nikmatilah perjalanan sembari mengobrol dengan pak Cik nahkoda perahu, lihatlah fasilitas lengkap yang disediakan oleh sultan brunei untuk warganya di perkampungan tersebut.

Kampung Ayer

Kampung Ayer

Karena sudah malam dan berakhirnya tour perahu, selanjutnya kalian harus ke....

10. Mesjid Omar Ali Saifuddien

Solat magrib disini sekaligus menikmati fasilitas lengkap mesjid ini. ibadah disini sangat nyaman, mesjid ber-AC yang dingin dan karpetnya wangi. Bahkan ada escalator yang saya tidak tahu untuk menuju kemana

Mesjid Omar Ali Saifuddien

Tempat Wudhu

Didalam Masjid, ada eskalator di sebelah kanan

Di dalam Mesjid

Jadwal berkunjung untuk turis

Setelah solat magrib tunggu saja waktu Isya di mesjid ini sekaligus…

11. Berfoto di halaman mesjid

Halaman Masjid

Halaman Masjid
Mesjid ini sangat megah. Ada perahu di tengah halaman mesjid yang bisa digunakan untuk foto-foto yang instagramgenic.

12. Makan Lok-Lok

Setelah selesai solat Isya saatnya mengisi perut. Berjalan kaki sedikit ke pusat perniagaan di seberang mesjid yang bernama Bangunan yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah dan “hangout” seperti warga local dengan makan di kaki lima yang hanya ada saat malam di pelataran “mal” ini.

Lok-Lok
Cukup banyak penjual makanan yang tersedia, ada kebab, sate, dan pilihan saya saat itu Lok-Lok. Sejenis steamboat yang bisa dipilih untuk digoreng atau direbus. Harga per tusuk yaitu 1 BND, cukup murah.

Karena sudah cukup malam, saya kembali ke hotel. Dan karena saya datang saat weekend, hari minggu besok ada acara....

13. Car Free day & fun Run

Cek kalender event di Brunei, karena kalian akan menemukan keramaian di Bandar Seri Begawan seperti ini.

Car Free Day

Car Free day

Car Free Day

Car Free Day

Kiri dan kanan penuh kios pedagang
Banyak yang bisa dilihat dan dicicipi di acara ini, salah satunya adalah.....

14. Keropok lekor

Harganya 1 BND per porsi, rasanya seperti otak-otak goreng tapi sangat kering dan krispi, ya namanya juga kerupuk.

Untuk makannya akan diberi saus seperti saus barbeque yang berasa asam gurih sedikit manis. Enak sebagai cemilan

Keropok lekor

Keropok Lekor

Selanjutnya kalian bisa sarapan.....

15. Berbagai Jenis Satay dan Grill

Sarapanlah dengan berbagai jenis satay dan grill ini, jenisnya bermacam-macam, ada paha dan sayap ayam berbumbu merah yang terlihat sangat menggiurkan ini, ada satay rusuk ayam, baso ikan, dan otak-otak.

Untuk sayap dan paha ayam harganya bervariasi, dan untuk satay saat itu saya membeli dengan harga 5 BND untuk 7 tusuk.




Untuk lebih kenyang kalian juga bisa membeli.....

16.pulut isi bakar

seperti nasi bakar tetapi yang ini nasi ketan. Harganya 50 cent saja. Untuk rasa??, enakkkkk.

Pulut bakar isi Ayam
Menjelang siang dan cuaca sudah mulai panas, keramaian di Car Free day sudah mulai bubar.

Kalian bisa “ngadem” sambil melihat......

17. Bangunan Alat-Alat Kebesaran Diraja

Mejelang siang kalian bisa menghabiskan waktu disini. Museum ini memamerkan kebudayaan brunei, mulai dari silsilah sultan brunei dari yang pertama hingga saat ini, baju-baju khas yang dipakai sultan saat ada upacara penting, hingga kereta kerjaan yang dipakai sultan.



Masuk kesini gratis, tapi kalian tidak diperkenankan memakai alas kaki, kalian akan disediakan sandal khusus untuk dipakai di dalam museum, kalian juga tidak diperkenankan membawa tas dan tidak boleh membawa kamera apapun jenisnya, termasuk Handphone. Semua benda tersebut harus kalian taruh di loker yang tersedia.





Kalian bisa berfoto hanya di lobby. Setelah puas melihat-lihat isi museum ini, kalian bisa berbelanja souvenir di toko yang ada di dalam museum ini. dan yang mengejutkan adalah, penjaga toko souvenir ini adalah TKI yang sudah 18 tahun merantau di Brunei, saya mengobrol banyak dengan mbak ...(saya lupa namanya), tentang Indonesia yang sudah banyak perubahan (si mbak ini sudah 2 tahun tidak mudik).

Menjelang sore saya memutuskan kembali ke hotel untuk tidur siang sejenak, sebelum itu saya membeli…

18. Nasi Katok Mama

Belum ke brunei kalau belum mencoba makanan ini, menunya simple, nasi dengan ayam goreng tepung disiram dengan sambal bawang yang terasa gurih manis. Cukup mengenyangkan untuk makan siang. 

Nasi Katok Mama

Nasi Katok

Nasi Katok

Harganya ??, hanya 1 BND saja, murah kan??.

Menjelang malam saya kembali makan seperti warga local di......

19. Tamu Selera

Disini adalah tempat makan warga local brunei, saya tau tempat ini berkat mengobrol dengan supir mobil hotel yang menjemput saya di bandara.



Tempatnya menyerupai food court, menunya bermacam-macam, ada satay, seafood, berbagai macam penyetan hingga nasi goreng.


Oh iya, menu Indomie goreng cukup populer disini lho, dan dikreasikan cukup kreatif. Bahkan ada menu Indomie goreng ayam penyet.

20. Pasar Kiangeh

Pasar adalah salah satu tempat untuk melihat kearifan local, karena itu saya memasukkanya ke dalam itinerary saya sebelum pulang dan melanjutkan ke destinasi berikutnya.

Kios di Pasar Kiangeh

Pasar Kiangeh

Pasar Kiangeh
Ada bermacam-macam produk yang dijual di pasar ini, yang paling banyak adalah produk seafood kering seperti udang dan cumi, mungkin karena dekat sungai dan laut.

Dan sebagai sarapan, saya membeli.......

21. Soto Brunei

Sebagai sarapan saya membeli soto ini, harganya 1 BND. Soto ini berkuah bening dengan rasa kaldu sapi yang lembut, isiannya daging sapi, mie dan bihun, serta sedikit sayur kol. Mirip seperti soto mie bogor kalau menurut saya.


Karena belum kenyang, saya juga membeli......

22. Apam Balik

Kue ini berisi kismis, kacang dan coklat. Rasanya seperti martabak manis, tapi lebih lembut dan tidak garing pinggirnya.

Apam Balik

Apam Balik
Setelah cukup kenyang, masih ada beberapa jam sebelum keberangkatan saya. Karena itu saya melihat-lihat supermarket untuk mencari makanan unik yang tidak dijual di Indonesia, di supermarket saya menemukan.......

23. Fanta rasa Leci

Coba sendiri minuman unik ini saat ke Brunei atau Malaysia, karena fanta ini diproduksi di Malaysia.



Akhirnya selesai juga liburan saya di Brunei, jika disuruh kembali untuk menikmati Brunei saya akan berkata YA. Jika kalian ingin melihat dan menikmat ibukota yang tidak macet dan bising disini tempatnya.

Selanjutnya saya akan ke Siem Reap di Kamboja, Negara ke 7 yang akan saya eksplor. 

4 comments:

  1. Wah ... Istana Sultannya cantik bangetz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bagus dan megah. tapi sepi banget, mungkin karena dari belakang kali ya

      Delete
  2. Brunei juga salah satu target kelayapan saya selanjutnya, walau awalnya saya taunya cuma Kampung Ayer aja. Pas baca ini, ternyata banyak banget tempat2 yang keren, apalagi bisa perahuan. Tapi ada buaya serem juga ya, haha... Kulinernya juga unik2. Mata uang Brunei dan dollar Sin sama kan ya, jadi ga mahal juga sih harga2 kulinernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak yang bisa di eksplor di brunei. kata pak cik nahkoda perahu, gak boleh berenang makanya. 1 BND = 1 SGD kok, tapi saya ngerasanya lebih murah di brunei untuk makan dll

      Delete

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis