Skip to main content

Gonjang-Ganjing Perpanjang Paspor

Berawal dari surat ini
Belakangan ini (awal maret 2017) timeline gw di twitter rame sama Travel Blogger. Ramenya karena rumor kalo perpanjang paspor untuk wisata lo harus nyiapin 25 Juta ditabungan. Rumor pertama bermula dari imigrasi jogja yang mengeluarkan surat pernyataan dibawah ini, dan surat itu diposting sama salah satu Travel blogger.

Nah setelah postingan itu, makin banyak Travel Blogger/Blogger yang berbagi pengalamannya perpanjang paspor di daerah lain, dan ditanyain sama petugasnya mengenai tabungan itu. Dhegg, gw langsung panic,parno,bingung pokoknya campur-campur lah. Kenapa??, karena gw berencana untuk perpanjang paspor bulan ini.

Disclaimer : pengalaman gw terjadi di imigrasi Jakarta timur.imigrasi lain mungkin punya prosedur yang berbeda.

Oke, gw langsung bagiin aja ya gimana pengalaman gw perpanjang paspor hari ini. pertama gw akan kasih tau persyaratan dokumen apa aja yang harus lo bawa. Walaupun lo bisa baca disini, tapi akan gw tuliskan lagi :

1.       KTP
Cukup jelas. Jenisnya apapun, e-ktp atau ktp biasa

2.       Kartu Keluarga

Untuk yang belum mempunyai keluarga, bisa memakai KK orang tuanya. Untuk Jomblo??, segeralah menikah anak muda, sebelum kau menjadi anak tua.huehuehue.

3.       akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis

untuk ini lu bawa aja semua biar aman. Pokoknya di dokumen tersebut harus nunjukin nama dan tanggal lahir yang sesuai ktp. Nah kalo ada dokumen yang beda nama, mending diurus dulu supaya sesuai KTP.

4.   surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

panjang ya, untuk dokumen ini gak harus ada kalo lo bener-bener lahir dan besar di Indonesia. Kecuali lu sun go kong, lu harus nunjukin dari batu mana lu berasal.

5.       surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama

lu harus nunjukin surat ini kalo lu udah ganti nama. Surat ini gak bisa diganti foto-foto lu syukuran potong tumpeng dan bikin bubur merah putih saat ganti nama.

6.       Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa

Lampirkan paspor asli lu yang udah expired

Setelah semua dokumen lengkap, lu harus fotocopy 1 lembar. Ukurannya A4 dan GAK BOLEH DIPOTONG , susun rapih semua hasil fotocopy dokumen persyaratan dari nomen 1 sampai 6, dan JANGAN DI STAPLES. Semua dokumen ASLI harus DIBAWA saat lu mendaftar.

Untuk tambahan yang harus dibawa, ini dia tipsnya :

1.       Materai temple 6000
Lu harus bawa materai temple yang seharga 6.000 walaupun dijual 7.000 atau 8.000 kalau di minimarket. Bawa 1 lembar aja. Jangan bawa materai teraan, repot

2.       Pulpen
Bawa alat tulis untuk mengisi formulir, gak usah minjem-minjem, kayak orang kere aja lu minjem-minjem, cihhhh.

3.       Surat keterangan kerja
Walaupun gak disebutkan secara resmi, untuk amannya mending lu minta ini ke HRD. Soalnya biar lu gak dicurigain mau cari kerja di luar negeri.

Oke, setelah semua dokumen siap. Selanjutnya ini pengalaman gw bikin paspor di imigrasi Jakarta timur.

Keadaan setengah 6 pagi. Ramai !!!

Gw dateng setengah 6 pagi. Dan antriannya sudah mengular. Pertama ambil formulir di meja satpam depan mesjid, formulirnya ada 2, data diri yang harus lo isi dan surat pernyataan bermaterai. Isi semua yang harus diisi saat lu antri.

setengah 6 pagi dan dapetnya nomer segini
Tips dari gw, ngobrolah dengan orang yang ada di depan dan belakang antrian lo, jadi saat lo pengen pipis atau beli cemilan, Lu bisa nitip sama mereka dan gak harus antri ulang.

Jam 7.30 antrian dibuka, dan lu akan diarahkan petugas untuk ambil nomer. Setelah dapet nomer, masuk ke ruangan lantai 1, tunggu nomer lu dipanggil.

ruangan lantai 1
Di ruangan lantai 1 ini, berkas-berkas lu akan diperiksa. Kalau gak lengkap lu diharuskan melengkapi dulu, disini banyak orang yang bulak-balik karena salah untuk berkas yang difoto copy. Setelah berkas dinyatakan lengkap, berkas lu akan dimasukan ke map sama petugasnya. Setelah lu dapet map, naiklah ke lantai 2 untuk wawancara, foto, dan ambil data biometric (sidik jari).

Setelah lengkap, lu akan dikasih map ini
Di lantai 2 ini tunggu nomer antrian lu tadi dipanggi lagi, sabar-sabar aja, agak lama soalnya. Gw aja bisa ninggalin antrian buat makan, solat, dan pulang kerumah.

Setelah giliran lu, dokumen yang udah di cek dibawah akan diperiksa lagi disni dengan menunjukkan aslinya. Lu akan dikepoin dikit, ditanya mau kemana dan kapan. Lu akan ditanya pekerjaan juga, dan perusahaan lu bergerak di bidang apa. Jawab aja sewajarnya dan jangan bohong. Data-data lu juga akan dinput disini.

Ruangan lantai 2, sabar-sabar aja nunggu giliran
Setelah semuanya selesai, selanjutnya adalah pengambilan foto dan sidik jari. Lu juga akan ditanya-tanya lagi disini, tapi gak sekepo orang pertama. Senyum dan ikutin arahan si petugas untuk foto terbaik.hehehe

Alhamdulillah, sampai tahap akhir ini gw gak ditanya sama sekali mengenai tabungan 25 juta itu. Mungkin karena gw bikin paspor di domisili gw, mungkin karena tampang gw gak ada muka TKI, entahlah.

Setelah selesai wawancara dan ambil sidik jari, lu akan dikasih kertas ini. Jangan Hilang !!!
Setelah selesai lu akan dikasih secarik kertas berisi data dan kode bayar ke bank yang harus diselesaikan selambat-lambatnya 7 hari setelah kertas tadi diterima. Saran gw mending lu bayar di atm BNI yang ada di lantai 1, gak ribet karena ada petunjuknya di dinding ATM.

Paspor lu akan diproses setelah lu membayar ya. Jangan sampe lewat 7 hari tadi, karena lu harus mengulang dari awal semua prosesnya.

Bayarlah di ATM BNI, cepat dan mudah (bukan iklan)
Normalnya paspor akan jadi setelah 3 hari kerja, itu untuk paspor biasa, dan untuk e-paspor lu harus nunggu 1 bulan. Lama ya??, iyaaaaaa sabar aja, gw juga sabar nunggu 1 bulan, demi bebas visa Jepang dan Negara-negara lain yang akan menyusul (semoga).

Comments

  1. Waduh banyak amat 25 juta ya..jd belum semua kanim ya.. Itu yang di cipinang bro? Wah bagus ya sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyakkk.apalagi buat backpacker.hehe. iya di dicipinang, bagus si tapi pelayanannya mungkin bisa ditingkatkan dalam hal waktu

      Delete
  2. Wah, saya juga termasuk yang panik pas baca berita ini, walaupun passpor masih lama sih kadaluarsanya. Ohiya kalo syarat KTP diganti SIM boleh ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga deg-degan pas mau perpanjang.tapi akhirnya lega. hmmm,mungkin lebih baik ktp aja si mas,coba tanya2 imigrasi aja via twitter untuk lebih jelasnya

      Delete

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis

Popular posts from this blog

Tips Ngegembel : Tidur di Bandara part 2 (KLIA 2, DON MUEANG, HANEDA)

First Family Travelling : Pengalaman Vaksin di Kuala Lumpur

Babymoon : Jepang, Sebuah Permulaan