Saturday, December 31, 2016

Tips Ngegembel : Tidur di Bandara part 2 (KLIA 2, DON MUEANG, HANEDA)

Sebagai lazimnya tiket promo kadang lu bakal dapet penerbangan yang sampai di tujuan tengah malem, atau lu harus terbang pagi-pagi buta.

Gw pernah nulis tips tidur di bandara disini, yaitu di Changi dan di Soekarno Hatta terminal 3 lama. dan kali ini gw bakal ngasih  spot tidur di 3 Bandara. Cekidot :



1. Bandara KLIA 2 – Kuala Lumpur, malaysia

Sebagai bandara hub dari low cost airlines, Airasia, tentu saja banyak backpacker yang memanfaatkan bandara ini untuk transit dan tidur menunggu penerbangan di pagi hari, ini beberapa spot yang bisa dijadikan tempat merebahkan badan.
  • ·         Tempat lapang depan exit gate
Setelah keluar dari imigrasi dan custom, lu bisa memanfaatkan tempat ini, letaknya persis ada di sebelah kiri exit gate. Disini lu gak akan kesepian, karena banyak orang juga tidur disini.


  • ·         Fast food restaurant
Di KLIA 2 ini juga ada beberapa fast food restaurant yang buka 24 jam, dan kayaknya mereka juga udah maklum tempatnya dijadiin tempat menginap dan tidur oleh para backpacker

Lu bisa menginap di Burger King, McDonald’s , dan di texas chicken. Saran gw si nginep aja di texas chicken karena disini lu bisa refill minuman sampe kembung, jadi lu bisa puas refill dari malem sampe subuh.

Tapi inget, lu harus beli makanannya ya, jangan kebangetan pelitnya.
 
Banyak bule yang tidur di Burger King
  • ·         Ruangan di atas international departure gate
Di atas pintu keberangkatan internasional, ada beberapa ruang tunggu dengan kursi yang bisa lu manfaatin buat spot tidur, dan kalau beruntung, lu bisa juga dapet colokan (kalau belum dikuasain orang).

Tapi kursi disini ada sekatnya, jadi lu harus pinter-pinter menyatukan 2 kursi untuk dijadikan tempat tidur.
 
Deretan kursi ruang tunggu di atas International Departure Gate

Naik Tangga disini

  • ·         Mushola
Yes bener, Lagi- lagi mushola. Mushola ini terletak di atas pintu keberangkatan internasioal, jadi posisinya setelah ruang tunggu yang gw sebutin di atas. Tapi lu harus bawa selimut tebel kalo mau tidur disini, AC nya super dingin
 
Pintu masuk Mushola KLIA2

Di Dalam mushola


  • ·         Pojokan manapun
Sebagai backpacker lu sebernya bisa aja tidur di pojokan manapun, selagi tempat itu rata dan enak buat rebahan. Lagipula di KLIA 2 ini kayaknya banyak dan lazim aja tidur di pojokan, nih buktinya di foto-foto berikut.
 
di samping troli itu banyak orang yang tidur

Tidur di Departure Hall

2. Bandara Don Mueang-Bangkok, Thailand  

Pada trip 7 hari, 4 negara, 3 jutaan, gw sampai di Bangkok hampir tengah malem. Dan karena gw berencana tidur di bandara, hampir aja gw gak dibolehin masuk Thailand (ceritanya disini).

Berikut sedikit spot-spot yang bisa lu gunakan buat tidur.
  • ·         Mushola
Yak kembali ke mushola lagi, mushola ini letaknya di lantai 2. Setelah keluar dari imigrasi dan custom, belok kiri sampai mentok, nah disitu ada escalator, naik aja dan ikutin petunjuk arah yang ada. Tempatnya agak masuk ke lorong deket kantor-kantor airlines.

Di deket mushola ini juga ada toilet yang pake semprotan, jadi kalo lu gak terbiasa membasuh pake tisu (yang hampir semua toilet di DMK ini modelnya tanpa semprotan), lu bisa ke toilet ini
 
Ikuti tanda ini untuk ke mushola


  • ·         Tempat kosong setelah escalator lantai 2
Setelah sampai di lantai 2, sebelum ke arah mushola, ada tempat kosong yang gelap, sepertinya si toko yang belum digunakan. Saat trip ini tempat itu bisa dipake buat tidur. Banyak bule-bule yang tidur disitu. Tapi gak tau ya kalau sekarang
 
Tempat agak gelap, cocok buat yang biasa tidur tanpa lampu
  • ·         Ruang tunggu sebelum escalator
Sebelum escalator naik ke lantai 2 (yang gw sebutin tadi), ada ruang tunggu dengan beberapa bangku, tapi bentuk kursinya seperti kursi metromini, jadi agak susah buat rebahan. Kalau lu bisa tidur dengan keadaan duduk, disini bisa lu gunakan.

Tapi tempatnya agak ramai karena jalan utama orang berlalu-lalang, jadi hati-hati sama barang bawaan lu ya.
 
Banyak juga yang bermalam disini


3. Bandara Haneda-Tokyo, Jepang

Saat trip Babymoon gw pun merasakan tidur di bandara. Iya,gw tau, pasti pada nganggep tega karena bu istri yang lagi hamil disuruh tidur di bandara. Tenang bro dan sis, haneda ini bandara enak buat tidur, kursinya empuk mirip matras, jadi gak bakal bikin pegel-pegel. Trus okenya lagi, kalo malem lagu-lagu backround di Haneda akan disetelin lagu relaksasi dengan irama lembut, jadi pas banget sebagai lagu pengantar tidur.

Jadi gw kasih tau aja dimana spot-spot yang enak buat tidur di Haneda, cekidot :
  • ·         Edo Ko-Ji
Kalau siang, Edo Ko-Ji ini adalah kawasan restaurant yang settingnya kayak jepang tempo doelo, jadi keren banget. Nah kalo malem setelah restaurant pada tutup, disini bakal sepi banget, jadi pas buat tidur sampe pagi.

Suasana Edo Ko-Ji di pagi hari

Nah jadi lo tidur di lantai wi??, tenang aja, disini ada semacam dipan yang tersebar di depan beberapa restaurant, jadi lu bisa rebahan disitu. Tapi ni ya, dipannya dari kayu dan gak ada busanya, kalo lu bisa tidur disitu pasti nyaman banget.

Edo Ko-Ji

Salah satu dipan kayu yang bisa digunakan tidur

Enaknya lagi disini sepi banget kalo malem, jadi kayak punya kamar pribadi #pretttt. Posisi dari Edo Ko-Ji ini ada di lantai  4 bandara Haneda.

  • ·         Observation deck
Observation deck ini ada di lantai paling atas bandara Haneda. Gak, lu gak harus tidur di luarnya kok, disitu ada semacem ruangan indoor setengah lingkaran yang berisi kursi-kursi panjang. Jadi bisa rebahan dengan nyaman.

Ruangan di depan itu adalah observation room

Tapi kayaknya disini adalah salah satu tempat popular buat tidur di Haneda, jadi jangan telat kalo gak mau kehabisan kursi.

Dalam observation room, banyak yang tidur

Kursi panjang didalam observation room

  • ·         Kursi-kursi depan mushola
Di haneda ini lu gak bisa tidur di mushola karena kalo lu kelamaan masuk mushola, akan ada petugas yang memeriksa dan menyuruh lu keluar dengan sopan. Lha wong masuk musholanya aja lu harus mencet tombol deket pintu buat memberi tahu petugas kalo lu mau masuk, semacam tombol intercom gitu lah.

Nah, sebagai alternatifnya, di depan mushola ini ada kursi-kursi yang busanya cukup empuk rebahan. Tapi kekurangannya masih akan berisik dengan panggilan flight sampai penerbangan terakhir yang kira-kira jam 12an malem.

Gw sendiri saat babymoon kemarin tidur disini, saat gw dateng masih sangat sepi, dan setelah agak malem akan mulai ramai dengan backpacker-backpacker yang mau tidur didaerah ini.

kalo tidur disni jangan kesiangan bangunnya ya, atau bangun jam 5an. Karena bakal ada petugas yang bersih-bersih dengan alat pengepel lantai yang berisik, entah bener-bener ngepel atau sengaja membangunkan orang-orang yang tidur.

  • ·         Jembatan Haneda Nihonbashi
Setelah bangun tidur dan muter-muter haneda buat foto-foto di pagi hari, gw baru tau kalau ada yang tidur di jembatan ini. kayaknya ini orang-orang yang gak kebagian tempat. Kalo masalah nyaman ya pasti gak akan nyaman, secara jembatan ini terbuat dari kayu dan lu akan tidur di lantai.             

Saat kita foto-foto masih ada orang yang tidur di Jembatan ini

Tapi untuk keadaan, kayaknya kalau malem akan sepi, jadi gak akan keganggu buat tidur. Jembatan ini terletak satu lantai sama Edo Ko-Ji, yaitu di lantai 4 bandara Haneda.

2 comments:

  1. Seems nice !🙂

    Hey Kak, sebagai pemula di dunia blog dan tulis-menulis, i would really appreciate if you let me know wdyt bout’ this one :

    http://bradleykuper.blogspot.co.id/2016/12/monyet-itu-beranjak-dewasa.html

    Feel free to comment Kak, I really need ur advice… and btw, I’m open for discussion :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh hai juga thanks sudah mampir. sy sudah tinggalkan jejak di blog anda

      Delete

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis