Monday, July 18, 2016

Babymoon : mini story, top 5 ramen Halal di Jepang

At Kaijin Ramen
Apa yang terbayang dalam pikiran lo kalo disebutin kata Jepang??, kalo yang pertama kebayang adalah JAV, fix lo harus nikah.

Kalo gw kartun wi, hentai. Anjir ini pada bokep semua otaknya. Huft, fix lo juga harus nikah.

Oke focus ya, FOKUS. Namanya jalan-jalan ga bisa lepas dari kuliner setempat, kayak lo kalo pergi ke garut pasti bawa oleh-oleh dodol, ke Palembang pasti makan mpek-mpek, ke bandung pasti nyari batagor. Nah kalo ke jepang lo pasti mau nyobain ramen kan.

Sayangnya hampir semua ramen di Jepang kaldunya dari B2. Sebagai traveler syariah, gw tetep mau nyobain ramen pas babymoon trip. Karena itu gw riset dimana aja ada ramen halal, dan Alhamdulilah semua tempat ramen itu gampang dicari dan hampir semua gw cobain.

Langsung aja ya gw kasih review dari yang menurut gw enak sampe enak banget.

                5. Ayam-Ya (Kyoto)

Hmmm, sebenernya gw taro restoran ramen ini di nomer 5 karena gw ga ngerasain sendiri ramennya. Harusnya gw makan siang disini, tapi semua jadwal berantakan karena gw kecapekan dan hampir flu, jadinya gw tidur sampe agak siang dan baru berangkat ke Kyoto jam 11 dari hotel gw di osaka, sehingga gw skip makan siang disini.

Tempatnya deket banget sama stasiun Kyoto. Bisa dilihat di link maps di bawah ini.
Jadi kalo ada waktu dan biaya lagi, gw pasti akan cobain ramen disini.


3 Mikatakonyachō,Shimogyō-ku,

Kyōto-shi, Kyōto-fu 600-8238,Jepang

                4. Ippin Asakusa (Tokyo)

Ramen disini kuahnya dari kaldu ayam. Kuahnya berwarna putih susu, rasanya ena ena nyoi, gurih kaldu ayamnya pas, gak bikin enek, kalo suka pedes bisa pesen versi pedesnya, dan rasanya jadi lebih berwarna kalo ditambahin sambel.


Mienya kenyal dan dimasak pas, gak keras dan gak medok. Isiannya ada telur rebus, bawang jepang, menma (rebung) dan chasiu ayam.
Ippin Ramen

Selain pesen ramen, gw juga pesen kari ayam. Kuah karinya enaaaaaa, gurih dan rasanya lembut, gak terlalu kuat kayak kari india, nasinya pulen maksimal khas nasi jepang, isiannya wortel dan kentang yang metengnya pas, ada juga potongan ayam di dalam karinya.

Chicken Curry asli Jepang
Untuk snack gw pesen karage. Karage disini dilapisi tepung tipis dengan rasa gurih dan krispi yang pas. Daging ayamnya empuk juicy dengan kematangan yang pas, enak buat lauk tambahan ramen.

Total harga yang gw bayar disini adalah 2.500 yen, kalo dirupiahin sekitar 300 ribu rupiah berdua. Yak emang mahal, kalo ada yang bilang jepang murah jangan percaya. Tapi setimpal sama pengalaman dan rasanya kok.
Ippin Menu's


3 Chome-16 Nishiasakusa,Taitō-ku,

Tōkyō-to 111-0035,Jepang

NB : Setelah gw lihat-lihat foto, ternyata sertifikat halal di Ippin cuma sampe Agustus 2014, jadi kalo kalian ada yang cobain kesana tolong ditanya dulu ya, apakah sertifikatnya masih berlaku atau ga

                3. Gion Naritaya (Kyoto)

Ramen disini Dashi (kaldu) nya enaaaaaa, dashinya entah dari tulang apa, tapi terasa shoyu yang lembut bersatu dengan kaldu rahasianya. Dashinya berwarna coklat dan agak bening. Mienya mulur lembut dengan kematangan yang pas.

Isiannya komplit, ada tamago (telur rebus), chasiu ayam, menma, bayam dan tauge rebus, lalu dikasih pelengkap nori , dan daun bawang.

Selain ramen, gw juga pesen beef bowl yang dagingnya dari wagyu beef. Dagingnya udah jelas empuk dan lemaknya lumer di mulut, dagingnya berbumbu teriyaki dengan gurih manis yang pas, ada juga bawang Bombay tumis yang menambah tekstur krenyes dan enak di mulut. Kalo suka pedes, bisa ditambahin cabe bubuk, dan rasanya akan jadi lebih warna-warni.


Untuk pelengkap, lagi-lagi gw pesen karage. Daging ayamnya fresh dengan tingkat kematangan pas, juicy abis. Tepungnya krenyesssss enak. Dan karage disini beda karena setelah mateng, dibumbuin sedikit dengan lada putih dan perasan jeruk lemon. Rasanya??, jadi lebih segerrrrr dan ini menurut gw adalah karage terenak selama trip gw di jepang. Rasa karagenya bikin nafsu makan bertambah, apalagi saat itu Kyoto lagi diguyur hujan dan suhu udara ada di sekitar 16o celcius.


Gion Naritaya Menu

Total harga disini :

- Ramen set (Ramen + karage) = 1.000 Yen

- Wagyu beef bowl (standart size) = 850 Yen


605-0062 Kyoto Prefecture,

424Higashiyama Ward, Rinkacho

                2. Kaijin ramen (Tokyo)

Cari ruko yang kayak gini (pic pinjem dari sini)
Ini Ramen yang sedikit beda, kalo rata-rata ramen di jepang adalah kaldu babi, atau ayam (dalam versi halal di beberapa tempat), disini kaldunya dari seafood. Kaldunya bening dengan rasa seafood yang enaaaaa. Gak ada bau amis dalam kaldunya. Mie di ramen ini dibuat fresh, kenyal enak pas sama kaldunya.

Isian ramen disini ada rempah-rempah yang menambah rasa ramen jadi lebih enak. Isinya ada bawang jepang, dan jahe iris. Tapi yang paling juara menurut gw adalah baso udangnya. Basonya kenyal dengan rasa udang yang segar sehingga ada rasa manis alami udang. Dan karena udangnya segar seperti yang gw sebutin tadi, maka ga ada sama sekali bau amisnya.

Di kedai ini, Cuma ada 2 menu, yaitu kuah original, dan kuah pedes. Kedua menu itu dihargai sama, yaitu 840 Yen. Dan mantabnya, lo bisa upgrade size ke large tanpa tambahan biaya. Cocok buat backpacker gembel yang kelaperan. Nah kalo lo masih kurang puas, bisa nambah nasi bakar yang atasnya dikasih sambel di menunya seharga 200 Yen.

Ramen Seafood kuah original

Cara makan nasi bakar ini unik, pertama lo habisin dulu ramen beserta isinya, dan kalo udah selesai lo masukin nasi bakarnya ke sisa kuah ramen tadi, biarin nasinya sampe sedikit basah lalu aduk-aduk. Trus lo abisin dah tuh nasi beserta kuah ramen, lazissssss.

Di Dalem Kaijin (mejanya dikit)

Di Dalem Kaijin


160-0022 Tokyo, Shinjuku, 3 Chome−35−7

                1. Naritaya Asakusa (Tokyo)

Lambang Halal di pintu masuk Naritaya Asakusa
Dannnnn, inilah juara ramen halal selama gw di Jepang. Dashinya berwarna coklat bening dengan rasa yang berani, gurih, asin, manis pas dan berani. Pokoknya lo bakal langsung jatuh cinta sama abang penjual  rasa kuah ramen ini. mienya dimasak pas, kenyal lembut pas.

Isiannya lengkap juga, ada telur rebus, menma, bayam rebus, nori (rumput laut kering), daun bawang, dan Chasiu ayam. Semua isinya menciptakap harmoni rasa yang enak diseruput bersama kuah dan mienya. Pokoknya Cakep dah (gw ngiler saat nulis dan ngebayangin ramen ini).

Sebagai pelengkap, gw mesen karage (lagi). karagenya dibuat per order, bukan karage beku. Daging ayam fresh langsung digoreng begitu ada pesenan. Rasanya gurih kriuk pas dengan tepung yang agak tebal, walaupun tepungnya tebal, tapi semuanya matang sempurna, daging ayamnya masih juicy lembut.

Dan bu istri disini mesen wagyu beef bowl. Daging wagyu ga usah diceritain lagi gimana empuknya kan, dagingnya diiris tipis dan dimasak bumbu teriyaki yang berani, berasa banget rempah-rempah dan saus teriyakinya.

Dagingnya dimasak bersama bawang Bombay yang nambah tekstur krenyes pas digigit. Sebagai pelengkap dikasih tamago telur rebus). Buat nasinya pake beras jepang yang pulen wangi, pas disuap sama daging yang enak tadi.

Sebagai orang Indonesia gak afdol rasanya kalo ga pake pedes-pedesan yes, karena itu lo harus tambahin pake bubuk cabe cabean , rasanya jadi makin, beuhhhhhhhh.


Untuk soal harga, kedai disini paling murah dari semua restoran ramen yang udah gw sebutin di atas. Untuk paket ramen + karage, dibandrol 1000 Yen, dan untuk wagyu beef bowl dibandrol 840 Yen.



111-0032 Tokyo, Asakusa, 13



Jadi gimana??, udah ngiler??. Kalo iya silahkan coba pas di jepang. Kalo lo ga tau tempatnya dimana, bisa tanya-tanya gw via medsos, atau tanya lewat comment di postingan ini. atau lo bisa bayarin gw ke jepang dan gw bakal jadi guide lo untuk nunjukin dimana semua kedai ramen itu berada #ngarep. Huehuehue.

No comments:

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis