Tuesday, February 16, 2016

#TIPS NGEGEMBEL : Memburu tiket gratis atau murah meriah untuk liburan

Okeh, karena postingan yang ini udah sampe kuota untuk 75 page view. Maka dari itu gw akan nepatin janji gw untuk kasih tau #Travelhack caranya bisa dapet tiket gratis atau setidaknya tiket murah buat liburan. Cekidot….

          1. Berdoa dan bermimpi

Retoris sih tapi emang ini yang harus dilakukan untuk mahluk yang ga punya apa-apa. Sebelum nyari tiket biasanya sih gw berdoa dulu, mudah-mudahan gw bisa ke suatu tempat. Entah dikabulinnya kapan, tapi gw tetep berdoa, ya Allah hamba ingin kesini. Dan tuhan ga pernah menyianyiakan doa hambanya. Tahun 2010 gw pengen banget ke halong bay, ternyata baru kesampean kemaren di tahun 2015 dengan biaya hanya 3 jutaan rupiah.

Dan karena dari kecil gw suka banget sama dragon ball, gw akhirnya punya mimpi untuk ke jepang dan berlatih sama goku supaya bisa berubah jadi super saiya #abaikan , karena mimpi itu akhirnya selalu terselip doa supaya bisa kesana, dan voilaaa, gw akan kesana bulan mei ini dengan tiket PP 2,4 jutaan aja. Doain lancar ya.

Bermimpilah sebanyak – banyaknya karena mimpi itu gratis,  bermimpilah hingga mimpi itu terekam di alam bawah sadarmu, hingga ada suatu kesempatan, tanpa pikir panjang kau akan mewujudkan mimpi di alam bawah sadarmu itu”

          2. Jadi member maskapai

Punya email kan??...... ga punya???, mending lo nyelem di dasar lautan.

Please deh, pfffttt. Gw yakin yang pada baca postingan ini punya email. Entah email itu digunakan buat apa.

Nah, kalo lo punya email, silahkan untuk subscribe jadi member maskapai, seterah maskapainya apa. Kalo gw si udah jadi member hampir di semua maskapai yang terbang dari Indonesia, baik itu yang low cost ataupun full service, baik yang dalam negeri ataupun luar negeri. Pokoknya daftar aja. Soalnya lu gak akan pernah tau kapan promo itu dateng.

Biasanya member itu dikasih tau lebih dulu oleh maskapai ybs kalau ada promo. Dan biasanya juga, member punya privilege buat beli promo itu duluan.
Member di Tiger Air

Biasanya maskapai low cost kayak Air Asia, Tiger Air dst sering ngasih promo (seperti tiket ke Singapura 100rb yg gw dapet untuk goblok trip), tapi maskapai full service kayak Garuda Indonesia juga kadang-kadang ngadain promo gila-gilaan dan kadang ngasih harga yang lebih murah dari lion air, kagak percaya??. Gw pernah beli tiket promo garuda ke lampung seharga 250 ribu pas long weekend. Fyi aja si, dengan harga segitu lu paling Cuma bisa dapet tiket lion atau sriwijaya dengan rute sama kalau hari biasa. Dan harga segitu juga Cuma beda dikit dari tiket bis Damri Jakarta – Bandar lampung.

#Tips : Buatlah 1 email khusus untuk menerima promosi, email khusus ini adalah yang digunakan untuk mendaftar jadi member maskapai. Jadi ga bakal ganggu email yang biasa lu pake buat kerja.

          3. Follow medsos Travel blogger & airlines

Nah, ini yang paling penting, follow medsos dari travel blogger yang udah berpengalaman jalan – jalan di luar negeri. Contohnya follow twitter gw @wianwee #promosi. Lu juga harus follow twitter dan like page di FB dari maskapai – maskapai, gw udah hampir semua, air Jordan aja gw follow.

Manfaatnya apa dari follow ini, ya sudah pasti kalo ada promo lo bisa tau lebih cepet. Bagi maskapai ini juga sesuatu yang murah meriah buat promosi karena twitter & FB ga bayar. Dan satu lagi, kalo ada masalah atau apa lu jadi bisa cepet hubungin maskapai ybs.

Ga punya twitter..???, et dah, manusia purba dari mana si ini *diketok keyboard*, bikin lah, gampang dan gak bayar kok.

Contoh promo gila – gilaan yang bisa lu dapet dari twitter. Gambar dibawah ini gw dapet dari twitter travel blogger. Dan setelah gw cek emang bener segitu. FYI aja si, harga normal tiket PP ke eropa paling murah 11 jutaan, dan ini kurang dari setengahnya udah PP.

oh  iya, promo dibawah ini naik maskapai full service Qatar Airlines. yg dinobatkan sebagai juara world best airline tahun 2015

Tiket PP Ke Eropa super diskon

          4. Beli tiket tengah minggu/ penerbangan paling pagi atau paling akhir

Ini yang biasanya orang salah kaprah. Please deh, kalo lo mau dapet tiket gratis atau tiket paling murah, jangan pas weekend, beli tiket hari rabu atau kamis, pengalaman gw tiket hari itu paling murah karena biasanya sepi peminat. Dan untuk pulang lo harus beli tiket di hari selasa atau rabu.

Kalo lo mau tiket murah juga bisa beli tiket penerbangan paling pagi atau paling akhir. Contoh, pas trip ini, gw beli tiket paling pagi karena itu yang termurah, sampe-sampe gw tidur di bandara. Dan juga pas goblok trip, gw beli tiket promo seharga 100rb rupiah ke Singapura (udah pernah gw certain kan).

Sama satu lagi, lu harus berangkat pas orang lain kerja, contohnya pas goblok trip, gw bisa dapet tiket Ferry 0 SGD karena gw berangkat diluar jam orang berangkat dan pulang kantor, gw berangkat sekitar 10.30 . FYI aja, biasanya ferry Batam – Singapore dipake buat orang batam berangkat kerja di Singapore, jadi mahal dan ramenya ya pas jam berangkat dan pulang kantor. Kenapa banyak pekerja yang tinggal di batam??, gampang, karena biaya hidup si singapura mahal, makan, transportasi, apalagi buat hunian.

          5. Logika Terbalik

Maksudnya gimana??.. gini, maksud gw lu kalo mau liburan jangan pas orang – orang liburan, kalo lu mau liburan pas long weekend, ya siap – siap aja kena tiket mahal. Selain tiket pesawat yang mahal, pas long weekend hotel – hotel juga biasanya naikin harga, jangan harap bisa dapet hotel murah. Jadi kalo mau liburan, ya jangan pas saat orang lain liburan. Kadang mupeng si ya ngeliat foto-foto update-an dari temen lu yang lagi liburan dipantai A, lagi belanja di pasar B, tapi tahan hasrat itu kalo lu mau dapet tiket murah.

Sama satu lagi, cek hari libur di Negara yang ingin akan lu tuju, kalo dinegara itu lagi libur panjang, ya pasti harganya mahal juga.

Jadi, liburan lah pas orang lain lagi stress kerja, dan kerja pas orang – orang liburan.

6. Jangan pake mikir, beli langsung !!!
Nah ini yang paling penting, kalo udah nemu promo langsung KLIK BELI, ga usah kebanyakan mikir. Karena biasanya promo berlangsung cepet, kalo lu ga beli saat lu nemu itu promo, niscahya bakal diambil orang lain.  Contoh, saat nemu promo ke jepang, tanpa pikir panjang gw langsung beli, tiketnya gw beli pas pagi hari, dan saat sore hari harga tiketnya udah 1,5 kali lalu besoknya udah 2 kali lipet dari harga yang gw beli.

Nanti cuti gw disetujuin ga ya???

Aduh, siapa ni temen yang mau ikut???

Masa gw jalan – jalan sendiri si, ga seru dong??, nanti yang fotoin gw siapa??, nanti kalo ada orang jahat gimana??, nanti ga ada temen ngobrol dong??.

Pffttt. Ini yang bikin kesempatan lu buat tiket gratis jalan – jalan ilang. KEBANYAKAN MIKIRRRR!!!!. nekad aja dulu beli, masalah nanti ada uang atau ga buat ongkos ya dipikirin nanti, istilahnya ga nekad ya ga berangkat. Percaya sama gw, lu bakal nemu jalan buat dapet yang termurah (hotel, transportasi, makan) kalo lu udah beli tiket PP.

Jalan – jalan sendiri not so bad kok, malah banyak positifnya. Saat belum nikah, hampir semua trip gw keluar negeri gw lakuin sendiri dan Alhamdulillah gw masih aman-aman aja dan sehat – sehat aja kok.

you are what you thinking, kalo lo bisa ngeliat sesuatu yang positif dari suatu hal, maka hal itu akan jadi positif, tapi kalo lu selalu ketakutan dan selalu ngeliat yang negative, maka hal itu akan jadi negative. Inget, jangan sampe lu stuck di situ –situ aja, orang yang berkembang adalah orang yang meninggalkan zona nyamannya”
Apa positifnya jalan – jalan sendiri??, lu jadi bisa supel, ngobrol dan negor orang lain yang gak lu kenal. Lalu lu bisa ngelatih bahasa inggris lu. Trus lu bisa nambah link dan kenalan orang – orang luar negeri.

Dari jalan – jalan sendiri lu juga jadi lebih mandiri dan lebih berani. Trus lu juga jadi bisa lebih tertib, contohnya kalo lu makan mcd disini, pasti setelah makan lu tinggalin begitu aja dan nanti karyawannya yang bersihin, kalo di singapore lu harus bawa baki makan lu sendiri ke tempat yang udah disediakan.

Trus urusan antri mengantri lu bakal lebih sabar dan tertib pas di luar negeri,contohnya di Singapore lu bakalan jadi tertib dan nunggu mrt di belakang garis, dan di kuala lumpur gw ngeliat para pekerja kantoran yang tertib berbaris buat naik bis antar kota. Kalo disini??, coba lu naik commuter line pas pulang kerja, brutal dan ganas, orang yang mau turun dari kereta pasti ketahan karena yang mau masuk udah ngerubung di depan pintu dan dorong – dorongan, dan antriannya ga teratur lagi, main selak dan sikut.

Oke sekian dulu tips dari gw, dan kalo postingan ini page view nya udah 150, gw bakal kasih tips lanjutan dan tips website apa aja yang biasanya gw pake buat memudahkan jalan – jalan gw.

PS : follow twitter gw ya, kalo followersnya udah 300. Gw bakal bagi – bagi souvenir dari hasil jalan – jalan gw. Caranya ??. nanti kalo followers gw udah 300. Okehhh

Tiket Gratis (pajaknya bayar)
Ket : Gambar diatas adalah tiket PP ke KL BERDUA. total gw bayar cuma kurang dari 350rb per orang buat PP
Tiket ke penang 100 ribuan
Ket : ini adalah tiket ke Penang dari KL seharga 100 ribuan. FYI: jarak KL ke Penang hampir sama dengan jarak JKT - Surabaya

No comments:

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis