Wednesday, February 10, 2016

Review dan harga Transportasi “Goblok Trip”

Disclaimer : keadaan ini adalah keadaan November 2014. Dan review ini semata mata pengalaman pribadi penulis. Jangan diseriusin, apalagi dijadiin bahan skripsi, kalaupun dipake bahan skripsipun gpp, tapi kalo ga lulus gw ga tanggung jawab.
Masih inget kan trip gw yg goblok trip???..... ga inget, yaudah gpp, aku gpp kamu giniin #langsunggalau.
…….
…….
Ehem, kalo ga inget, monggo di refresh dan dibaca dulu.okehhh

Nah kali ini gw mau review gimana kondisi transportasi yg gw pake buat pindah-pindah kota selama goblok trip. Mulai dari pesawat, kapal laut, sampe kereta dan bis semuanya gw naikin, dan disini gw juga mau ngasih berapa harga dari semua transportasi tersebut. Emang si beda tipis dari tiket PP Jakarta singapur, tapi banyak pengalaman yang gw dapet selama goblok trip ini yang ga bisa dibeli sama uang ataupun kepraktisan tiket PP.

Yaudah ga usah lama-lama, ini dia reviewnya. Selamat buang-buang waktu

                1. Pesawat-Tiger Air, Jakarta-Singapura

Seperti kebanyakan pesawat budget, ya gitu-gitu aja kursinya. Gw yakin lo semua pada ngerti, karena menurut survey BPSJ (badan pusat survey jonru), 1 dari 2 orang pasti pernah naik Lion Air, nah kursi tiger air dengan lion air hampir sama, Cuma beda warna aja karena tiger satu spesies sama lion.

Hadeeeh, ini gw nulis apa ya…bingung??, gw aja yg nulis bingung…yaudah liat aja gambarnya di bawah…


127 ribu rupiah ke singapur
FYI. Harga tiketnya adalah 100 RIBU RUPIAH, iya beneran, dan ditambah processing fee 27 ribu. Jadi gw ke singapura Cuma bayar 127 ribu. Oh iya, ada yang gw lupa. Pesawatnya berjenis Airbus A320-200, pesawat mainstream yang biasa dipake maskapai budget.

untuk makanan, ya harus beli, namanya juga maskapai budget. dan untuk bagasi, cuma boleh bawa bagasi kabin 7KG, kalo mau taro tas di bagasi, bayar lagi. gw si ogahh


                2. Kapal cepat/Fery, Singapura-Batam

Ini pertama kalinya gw naik kapal antar Negara, untuk kursi, ya cukup nyaman lah, ada busanya walaupun agak keras, jarak antar kursi juga cukup lebar, sehingga kaki gw ga mentok sama kursi depan. Gak kayak kursi kapal fery merak-bakauhunie yang kelas ekonomi, kayak kursi metromini. Sepanjang perjalanan yang 1 jam ini, ga terasa goyangan yang keras karena ombak. Pokoknya nyaman dan ga bikin mual.

Sebelum berangkat, semua manifest beserta penumpang di cek satu per satu, dan boarding pass di scan semua sebelum berangkat, lalu hasil scan boarding pass itu dibandingkan sama daftar penumpang saat check in. semua itu dilakukan cepet banget dan rapih, sehingga ga ada yang namanya delay.

untuk makanan, ga dapet makanan selama di kapal ini, udah gratis minta makan lagi, ngarep aja ente.
bagasinya gimana??, bebas kok bawa koper segede gaban, dan ada tempat bagasi dekat pintu masuk kapalnya, jadi ga ngeganggu dan makan tempat di kursi lo.


tiket penyebrangan gratis
Harga kapal ini gw naikin 0 SGD, yak bener, gw naik fery ini gratis. Tapi sebagai warga dunia yang baik, gw tetep harus bayar pajak sebesar 13 SGD. Oh iya, harga tiket kapal ini sebenernya sekitar 20 SGD (exclude tax). Gimana caranya gw bisa dapet harga gratis???. Kasih tau ga yaaaa, hahaha. Nanti kalo ada minimal 5 orang yang komen di postingan ini dan view dari post ini minimal 75, bakal gw kasih tau #travelhack cara tiket murah atau gratis di postingan terpisah. Sekarang dilanjut review yang berikutnya ya.


                3. Pesawat-Citilink, Batam - Palembang

Sama seperti kebanyakan budget airline, pesawat yang digunakan citilink ini berjenis Airbus 320-200. Seat pitch nya ya lumayan lah, kaki gw ga sampe mentok sama kursi depannya, juga ga bisa dibilang lega. untuk makanan, ya ga dapet dan harus beli, namanya juga budget airline. dan bagasi, disini hebatnya Indonesia, untuk maskapai budget aja selalu dikasih minimal 20KG.
Seat pitch lumayan lega

safety instruction

inflight meal

inflight magazine

Harga tiketnya 411.200 rupiah, ini tiket yang paling mahal selama goblok trip ini. ya walaupun gw seneng bisa ngeliat Palembang, kota yang belum pernah gw datengin, walaupun Cuma sekilas.


             4. Kereta- Sriwijaya 1, Palembang – Bandar Lampung

Walaupun gw naik gerbong eksekutif, tapi kayaknya ini adalah gerbong ekonomi yang di renovasi buat jadi eksekutif, badan dan leher gw sampe pegel-pegel karena kursinya ga bisa direbahin karena rusak, AC kereta ini juga sama sekali ga terasa, sehingga ga dingin. Gw kegerahan sepanjang perjalanan. Toiletnya gw akuin emang cukup bagus, bersih dan terawat, ini hasil revolusi dari pak Jonan yang gw kasih apresiasi. Untuk makanan, harus beli di kisaran harga 10 ribu - 25 ribu (tergantung menu).


Kursi yang sudah agak rusak

Jendela yang di las

bagasi yang terlalu kecil

Tapi secara overall kereta ini butuh perbaikan supaya selevel sama gerbong eksekutif kereta di pulau jawa. Kalau untuk nilai, gw nilai 4 dari 10 point deh.

Oh iya, harga tiketnya adalah 167.500 rupiah


           5. Bis-Damri, Bandar Lampung – Jakarta

Nah di kota ini, gw sekalian nemuin istri. Gw ga bahas ngapainnya ya. Yang gw bahas gimana kondisi bisnya.

Bis ini enak, kursinya empuk, dan bisa direbahkan, tapi liat-liat sama orang belakan kursi lo ya. Di tiap kursi ada sandaran kaki, sehingga kaki ga pegel. Jarak antar kursi cukup lebar. Ada toilet dan smoking area yang terpisah di belakang bis. Oh iya, untuk kelas yang gw naikin adalah kelas eksekutif ya.

untuk makanan, dapet snack kok, tapi ya roti yg biasa dijual di breadtalk emperan atau tukang rokok pinggir jalan. mayan lah buat ganjel-ganjel pas kelaperan tengah malem.

Damri executive class (pic by google)

Untuk harga, kalo ga salah inget sekitar 220 ribu karena gw berangkat dari Kota Agung, kota tempat istri gw dines. Kalo tiket dari Bandar lampung, saat itu kalo ga salah 180 ribu. Untuk cek harga updatenya, bisa di cek disini. Pokoknya, bis damri ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk menuju kota-kota di lampung dari Jakarta.

8 comments:

  1. Mau ngerasain lagi petualangan kaya gini :(

    ReplyDelete
  2. Om om kasih tau dong cara dapetin tiket murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.jangankan yg murah, yg gratis aja nanti gw kasih tau

      Delete
  3. Kapan" mau juga nyobain goblok trip :/

    ReplyDelete
  4. Gimana caranya biar dape tiket gratis pak?
    /komen terpisah biar dikasih tau triknya

    ReplyDelete
  5. Wah jadi terinspirasi naik kapal antarnegara!

    /komen dah lima, bagi trik tiket gratis ya pak xDDD
    //dikeplak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.hahaha. sudah di posting kok tipsnya, di sini https://wianwee.blogspot.co.id/2016/02/tips-ngegembel-memburu-tiket-gratis.html

      Delete

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis