Skip to main content

Hasil dari ngeblog

Lalala yeyeye #jogetjoget. setelah pelatihan nulis yang diadakan oleh Indonesia Flight yang notabene adalah "hasil" pertama dari ngeblog gw. akhirnya pada 24 january kemaren gw terpilih lagi oleh detik travel buat ikutan acara sejenis.

selain dapet ilmu menulis dan sedikit ilmu jurnalistik dari pemimpin redaksi detik travel. gw juga diajak buat aplikasiin ilmu yang baru aja didapet ke dua wahana baru di taman mini.Nah, kedua wahana tersebut gw tulis di bawah ini, dan ini adalah versi asli tulisan gw sebelum dipoles oleh tim detik travel.

dapet apa aja gw dari kedua pelatihan menulis ini??. yang pertama tentu aja gw dapet pencerahan gimana cara nulis yang baik, salah satunya pake EYD. eh, tapi gw udah pake EYD kan selama ini di blog, walaupun singkatannya Ejaan Yang Dialaykan. haha, bodo amat, di blog mah bebas mau nulis apaan, yess??.

yang kedua, ya dapet makan gratis tis tis, ini yang paling gw suka. hahaha. nah yang ketiga ya jalan-jalan gratis. di pelatihan nulis sama Indonesia Flight, gw cuma dapet makan dan ilmu gratis, sedangkan sama detik travel gw dapet jalan-jalan gratis di taman mini, which is dimana acara diadakan. jalan-jalannya ke wahana terbaru yang ada di taman mini, yaitu skywold yang tiket masuknya 40 rebu (dan gw gratis), dan diajak juga ke taman budaya tionghoa yang tiket masuknya gratis si. Yang keempat tentu aja souvenir gratis, mulai dari kalender, kaos, note book, sampai tas lipet yang bisa dibawa traveling.


Nah, di acara detik travel ada lombanya, dan lomba itu cuma bisa diikutin oleh peserta aja. hadiahnya adalah voucher hotel di Royal Safari Garden Hotel & Resort Puncak, lumayan kan. Dan gw pun tergiur sehingga begadang nulis 2 artikel. okeh, ini kedua artikel asli sebelum di poles tim detik travel

(link detik travel : http://travel.detik.com/read/2016/01/29/145500/3130018/1025/kisah-jenderal-tionghoa-di-taman-budaya-jakarta )

Di taman ini selain bisa berfoto narsis dengan pemandangan ala negeri cina, bisa juga belajar sejarah dan mengenal etnis tionghoa lebih dekat.

Taman mini sebagai taman hiburan rekreasi yang murah meriah baru saja meluncurkan wahana terbarunya, yaitu taman budaya tionghoa. Disini pengunjung bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti berfoto dengan latar belakang khas negeri tirai bambu, belajar sejarah di museum Cheng Ho dan Hakka, sampai duduk-duduk melepas lelah di samping danau yang indah.

Di dalamnya juga terdapat patung-patung dan monument sejarah  yang menunjukkan bahwa etnis tionghoa juga berperan dalam merebut kemerdekaan lho. Salah satu patung yang menarik adalah patung dari Laksamana Muda John Lie.

Laksamana Muda John Lie adalah salah seorang perwira tinggi di Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut dari etnis Tionghoa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Laksamana Muda John Lie atau yang lebih dikenal sebagai Jahja Daniel Dharma lahir pada 9 Maret 1911 dan meninggal pada 27 Agustus 1988.

Anak pasangan dari Lie Kae Tae dengan Oei Tjeng Nie Nio ini mendapat penghargaan  Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden Soeharto pada 10 Nopember 1995, Bintang Mahaputera Adipradana dan gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 November 2009, karena jasa-jasanya dalam membantu mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tentu saja  saya sangat kagum dengan patung ini. Di masa sejarah kelam bangsa Indonesia, dimana di masa lalu diskriminasi terhadap etnis tionghoa sangat terasa, ternyata ada pahlawan nasional dan jendral dari etnis tionghoa. Tentu saja sejarah buruk tersebut jangan sampai terulang, karena semboyan Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Masih banyak lagi pelajaran sejarah yang bisa kita lihat dan kita petik dari tempat ini. seperti sejarah laksamana Cheng Ho yang legendaris. Di tempat ini pula ada monumen perjuangan Laskar tionghoa bersama warga Jawa Melawan VOC.

Untuk memasuki Taman Budaya Tionghoa ini pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi tunggu apalagi?, jika tidak punya acara minggu ini, bisa mengajak keluarga, saudara, teman, atau pacar untuk mengunjungi wahana terbaru di Taman Mini ini.

dan ini adalah tulisan kedua gw yg masuk detik travel :

(link detik travel : http://travel.detik.com/read/2016/01/30/123000/3127897/1025/sensasi-jelajah-luar-angkasa-amp-berfoto-dengan-alien?v9922021381 )

Kalau mau  merasakan sensasi menjelajah luar angkasa, tak perlu susah-susah menjadi astronot di NASA, disini kamu bisa berpetualang di luar angkasa, berfoto dengan baju replika astronot bahkan bertemu  dengan alien yang seram, hiii!!!.

Taman mini sebagai pusat pendidikan dan peragaan iptek meluncurkan satu wahana baru yang asyik dan futuristik, Wahana baru itu bernama Skyworld atau Among Putro. Di dalam wahana baru ini kita bisa belajar dan menjelajahi luar angkasa lewat tiga ruangan yang disediakan. Apalagi ditemani pemandu yang sangat informatif memberikan penjelasan, petualangan jadi makin seru.

Ruangan pertama untuk memulai penjelajahan adalah space exhibiton. Di dalam ruangan ini kita bisa belajar menganai kehebatan bangsa manusia terdahulu yang membangun candi berdasarkan perhitungan astronomi. Ada juga foto zoom out dari luar angkasa kita, sehingga kita akan menyadari betapa kecilnya kita dibandingkan alam semesta ini. Lalu ada juga penjelasan mengenai lubang hitam yang misterius.

Ruangan kedua adalah planetarium. Disini kita bisa menjelajah luar angkasa dengan menonton di dalam dome dengan langit-langit ruangan yang menjadi layarnya. Disini akan dijelaskan mengenai planet tetangga bumi dalam tata surya kita, seperti Jupiter yang hanya mempunyai waktu rotasi 10 jam saja.

Disini juga akan dijelaskan mengenai berbagai rasi bintang yang sudah dijadikan petunjuk arah oleh para pelaut di masa lalu sebelum kompas ditemukan. Oiya, layar di langit-langit ini sangat atraktif lho, jika pointer diarahkan ke salah satu benda angkasa yang ingin kita ketahui, maka informasi dari benda angkasa tersebut akan langsung muncul, keren kan.

Nah, bagi yang suka ber-narsis ria, Ruangan ketiga ini pasti menjadi tempat yang seru, karena disediakan background foto tiga dimensi. Efek tiga dimensi akan didapat jika mengarahkan kamera ke sudut yang tepat. Salah satu background foto yang paling keren adalah background dengan gambar alien yang seram-seram.

Ada juga background di dalam pesawat luar angkasa yang hampa udara, dan juga permukaan bulan. Bahkan bisa berfoto dengan melakukan “tos” dengan astronot, tapi tentu saja astronot disini adalah gambar background yang tersedia Selain itu juga, di ruangan ini disediakan baju astronot berbagai ukuran yang bisa dipakai pengunjung untuk berfoto secara gratis.

Nah, untuk menjelajahi semua keseruan di wahana Skyworld ini, tiket masuknya hanya 40 ribu rupiah saja. Jadi, sudah siap menjelajahi ruang angkasa ???

jadi gw minta doanya, mudah2an gw menang yess.

thanks


Comments

  1. Oalaaah ternyata kita pernah ikutan acara yang sama ya, yang bareng Ariev Rahman. Semoga makin semangat ya ngeblognya. Salam kenal lagi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya kita pernah bersama(eh). salam kenal lagi juga.haha

      Delete

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis

Popular posts from this blog

Tips Ngegembel : Tidur di Bandara part 2 (KLIA 2, DON MUEANG, HANEDA)

First Family Travelling : Pengalaman Vaksin di Kuala Lumpur

Babymoon : Jepang, Sebuah Permulaan