Friday, January 18, 2019

Hong Kong For First Timer (Part 1)


Hong kong, siapa yang tidak tahu Negara administrasi khusus ini. Negara seluas 2.754 Km2 atau 4 kali dari luas Jakarta in menawarkan banyak atraksi menarik untuk dijelajahi. Saya yang dalam 3 bulan ini sudah mengunjunginya dua kali akan membagikan tips bagaimana menjelajahi keunikan Hong Kong dengan biaya yang tidak menguras kantong.

Pertama kali saya mengunjungi Hong Kong pada bulan oktober 2017, perjalanan pertama saya dikarenakan saya memenangkan sebuah kuis berhadiah Jalan-Jalan ke Hong kong selama 4 hari dengan semua biaya ditanggung penyelenggara. Melalui perjalanan pertama ini, saya menjadi cukup mengenal Hong Kong. Perjalanan kedua saya lakukan Januari 2018 bersama istri dan anak saya, perjalanan kedua ini menjadi lebih mudah untuk membuat itinerary karena saya sudah mempunyai pengalaman.

PENGETAHUAN UMUM

Secara umum Hong Kong terbagi dalam 4 daerah besar, Yang paling utama dan populer adalah Hong Kong Island, lalu Kowlon, lantau Island, dan terakhir New Teritories. Setiap daerah sudah terhubung dengan transportasi yang baik, ada MTR dan Bis.

Daerah Central
Daerah paling ramai dan populer adalah Hong Kong Island, kalau kalian penggemar film-film Jackie chan pasti familiar dengan pemandangan toko-toko di daerah ini. Selanjutnya adalah Kowlon, salah satu tempat yang paling populer di daerah ini adalah Ladies Market. 

Yang ketiga adalah Lantau Island, Bandar udara Internasional Hong Kong dan Disneyland ada di daerah ini. Yang terakhir adalah New Teritories, tidak banyak tempat wisata populer disini karena ini adalah daerah yang baru dikembangkan tahun 2000an untuk hunian.

HOW TO GET HERE

Penerbangan langsung dari Jakarta tersedia setiap hari ke Hong Kong baik full service ataupun low cost.

Untuk full service Maskapai Garuda Indonesia dan Cathay Pacific melayani penerbangan langsung setiap hari dalam beberapa waktu penerbangan (pagi, siang, sore, malam, dini hari). Untuk penerbangan lain Singapore airline dan Malaysia airline juga melayani penerbangan ke Hong Kong dari Jakarta, tapi harus transit dulu di Singapore atau Kuala Lumpur.

Ilustasi Tiket Pesawat Ke Hong Kong
Maskapai low cost seperti Air Asia Juga melayani penerbangan ke Hong Kong, tetapi harus transit di Kuala Lumpur. Ada juga scoot airline/Tiger Air yang mengharuskan transit di Singapore.

Lama perjalanan untuk penerbangan langsung adalah sekitar 5 Jam, dan untuk transit tergantung maskapai yang dipilih, rata-rata waktu yang dibutuhkan adalah 8 – 12 jam.

Saat perjalanan pertama saya menggunakan Cathay Pacific, harganya saya tidak tahu karena gratis. Tapi di website sekitar 3-4 juta per orang PP. pada perjalanan kedua saya menggunakan Air Asia, total biaya tiket adalah sekitar 4,3 Juta untuk tiga orang PP.

Hong Kong International Airport
PENGINAPAN

Untuk masalah menginap banyak pilihan hotel yang tersedia. Apartemen dari air bnb juga banyak. Karena dalam perjalanan kedua saya pergi bersama keluarga maka saya memilih Hotel agar lebih nyaman dalam menginap, harga kamar per malam untuk hotel kelas menengah (bintang 3) rata-rata 1 juta – 1,5 juta.

Untuk hostel harganya bisa sekitara 400 ribu – 1 juta, tergantung daerah yang dipilih. Tips dari saya pilihlah hotel yang dekat dengan transportasi public, agar tidak terlalu membuang banyak biaya untuk ongkos, dan pilihlah daerah yang populer seperti Hong Kong Island dan Kowlon, walaupun harganya cukup mahal.

Ilustrasi Kamar Hotel mewah di Hong Kong
Saran lain adalah HINDARI hotel atau hostel yang bertempat di gedung Chungking Mansion. Walaupun harganya murah tapi sangat tidak saya rekomendasikan. Sudah banyak traveler lain juga tidak merekomendasikan Chungking Mansion. Daerahnya memang premium, dekat kemana-mana, tapi kamarnya sangat buruk dan gedungnya kumuh.

Satu lagi, jangan kaget kamar Hotel di Hong Kong cukup kecil, berukuran sekitar 12-21 m2. Karena memang harga property disana sangat mahal.

TRANSPORTASI

Transportasi umum di Hong Kong sangat bagus dan terdiri dari berbagai jenis. Untuk memudahkan naik transportasi umu ini belilah kartu octopus , kartu isi ulang seperti e-money mandiri atau flazz BCA. Membelinya bisa di stasiun MTR yang ada di airport saat mendarat. Untuk isi ulang bisa dimanapun, baik stasiun sampai semua convenience store. Kartu ini bisa di refund saat kita akan pulang kembali.
  • MTR  
Salah satu transportasi masal yang cukup modern di Hong Kong. MTR ini menjangkau semua daerah di Hong Kong. 

Biaya untuk sekali jalan per orang sekitar 5 – 25 HKD tergantung jarak yang ditempuh. 
  • Bis
Naik bis di Hong Kong cukup mudah, biayanya flat sekali naik tergantung jarak yang ditempuh juga. ongkos bis ini sekitar 3 – 8 HKD. Peraturan naik bis ini adalah naik dari pintu depan dan men-tap kartu octopus, lalu turun dari pintu belakang atau tengah.

Bis Hong Kong
Rata – rata bis di Hong Kong adalah jenis double deck bus. Untuk pengalaman yang unik naiklah di deck atas dan lihatlah ke jendelan untuk melihat aktivitas keseharian warga Hong kong
  • Ding-ding Tram
Disebut ding-ding tram karena saat berjalan tram ini akan membunyikan bel berbunyi ding – ding. Tram ini hanya ada di daerah Hong Kong Island. Tram di Hong Kong adalah salah satu transportasi tram yang paling tua di dunia, umurnya lebih dari 100 tahun.

Didalam Ding-Ding Tram
Ongkos naik tram ini flat 2.3 HKD per orang sejauh apapun jaraknya. Peraturan naik tram ini adalah, naiklah dari pintu belakang, dan turun dari pintu depan sekaligus membayar sebelum turun. Semua tram terdiri dari dua tingkat, untuk pengalaman unik naiklah di dek atas.
  • Star Ferry
Salah satu transportasi lain yang cukup tua di Hong Kong adalah Ferry ini. Ferry ini digunakan untuk menyebrang antar daerah di Hong Kong. Rute yang paling populer adalah daerah Central di Hong Kong Island ke Victoria harbor di daerah Kowlon.


Star Ferry Hong Kong
Ongkos untuk Ferry ini adalah 2.2 HKD untuk weekday dan 3.1 HKD untuk weekend dan hari libur.
  • Taksi
Kendaraan paling mudah tapi cukup mahal. Naik taksi di Hongkong agak rumit. Berikut tipsnya :

Taxi Di Hong Kong

  1. Taksi di Hong Kong dibedakan menurut warnanya, ada merah, hijau, dan biru. Masing – masing warna adalah untuk membedakan wilayah beroperasi dari taksi tersebut. Merah untuk hampir seluruh wilayah Hong Kong, hijau hanya untuk wilayah New Teritories, biru hanya untuk wilayah Lantau Island.
  2. Semua taksi di Hong Kong menggunakan argo meter dan ada biaya tambahan untuk service tertentu seperti bagasi, antar jemput ke airport, tol dan lain-lain.
  3. Taksi di Hong Kong bisa untuk maksimal 5 penumpang, jadi sebelum memberhentikan taksi lihat dulu angka yang ada di dashboard. Jika angka menunjukkan 5 maka bisa untuk 5 penumpang, jika angka menunjukkan 4 maka maksimal hanya 4 penumpang yang dibolehkan naik.
  4. Tidak semua supir bisa berbahasa inggris, jadi tulislah alamat penting (hotel, tujuan wisata) dalam Bahasa Cantonese dan Inggris.






----- Berlanjut di Part 2 -----

No comments:

Post a Comment

comment anda adalah motivasi saya untuk lebih baik dalam menulis